Home > Shalat > Ancaman Bagi Yang Tidak Menghadiri Shalat Berjamaah Tanpa Udzur

Ancaman Bagi Yang Tidak Menghadiri Shalat Berjamaah Tanpa Udzur

Berhubung kedudukan shalat demikian agung dalam Islam terutama shalat berjamaah yang memiliki kedudukan yang tinggi dan faedah yang sangat banyak, maka Islam telah menjatuhkan sanksi yang sangat berat atas siapa saja yang melalaikan atau mengabaikan shalat fardhu berjamaah. Islam telah mengingatkan mereka terhadap akibat jelek karena meninggalkannya bahkan menganggap shalat yang mereka lakukan di rumah tidak ada nilainya.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas dari Rasulullah bahwa beliau bersabda :
“Barangsiapa mendengar seruan adzan sedang tidak ada udzur yang menghalanginya mengikuti shalat berjamaah maka tidak sah shalat yang dilakukannya sendirian.” Mereka berkata: “Apa itu udzur ?” Rasul menjawab: “Rasa takut (tidak aman) atau sakit.” (H.R. Abu Dawud dalam sunannya : I/373 nomor 551)

Masih dari Abdullah bin Abbas dari Rasulullah beliau bersabda:
“Barangsiapa mendengar seruan adzan namun ia tidak mendatanginya maka tidak ada shalat baginya kecuali bila ada udzur.” (H.R. Al-Hakim: I/245 dan dishahihkan oleh beliau)

Diriwayatkan dari Abu Darda’ bahwa ia mendengar Rasulullah bersabda:
“Bilamana tiga orang yang tinggal di satu kota atau desa tidak menegakkan shalat berjamaah maka syetan akan mempecundangi mereka! Hendaklah kalian selalu menegakkan shalat berjamaah.” (H.R. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak : I/245)

Diriwayatkan pula dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya shalat yang paling berat atas kaum munafiqin adalah shalat ‘isya dan shubuh, sekiranya mereka mengetahui keuntungannya niscaya mereka akan menghadirinya meskipun dengan merangkak. Sungguh betapa ingin rasanya aku memerintahkan orang-orang untuk shalat kemudian aku memerintahkan seseorang untuk mengimami mereka, lalu aku pergi bersama beberapa orang laki-laki dengan membawa kayu bakar menjumpai orang-orang yang tidak menghadiri shalat berjamaah, lalu aku bakar rumah-rumah mereka dengan api.” (H.R. Muslim: I/452 no. 651)

Maroji’: Bimbingan Lengkap Shalat Berjamaah : DR. Shalih bin Ghanim As Sadlan
Oleh Abu Thalhah

Categories: Shalat Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: